Sistem Informasi Arsip Statis Daerah

Home » Blog » Sistem Informasi Arsip Statis Daerah

Sistem Informasi Arsip Statis Daerah merupakan sistem yang digunakna untuk mengelola arsip statis daerah. Salah satu upaya penyelamatan arsip dalam perspektif modern saat ini cenderung mengarah bagaimana memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola arsip. Sistem Informasi Pengelolaan Arsip Statis menggunakan vector space model merupakan sistem yang dapat memudahkan pengelolaan arsip statis, mampu diakses oleh siapa saja yang membutuhkan informasi kearsipan serta memberikan kemudahan dalam hal pencarian arsip yang relevan dengan kebutuhan pengguna sistem. Pengelolaan arsip statis dari lembaga kearsipan sesuai wilayah kewenangannya tersebut dilaksanakan melalui kegiatan akuisisi, pengolahan, preservasi, dan akses arsip statis yang bertujuan menjamin keselamatan arsip statis sebagai bahan pertanggungjawaban nasional bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pengelolaan arsip statis, secara garis besarnya, meliputi kegiatan:

  1. Akuisisi arsip
  2. Pengolahan arsip statis
  3. Preservasi arsip statis
  4. Akses arsip statis

Sesuai dengan Pasal 1 ayat 21 PP No. 28 Tahun 2012:
Pengelolaan arsip statis adalah proses pengendalian arsip statis secara efisien, efektif, dan sistematis meliputi akuisisi, pengolahan, preservasi, pemanfaatan, pendayagunaan, dan pelayanan publik dalam suatu sistem kearsipan nasional.

Sistem Informasi Arsip Statis ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL. Sistem Informasi Arsip Statis didesain sederhana dan interaktif dengan menggabungkan framework JQuery serta Ajax sehingga lebih cepat dalam pengoperasiannya.

Adapun fitur dari Sistem Informasi Arsip Statis ini adalah sebagai berikut:

  1. Pengelola Arsip dapat di kelompokan sesuai fungsi dan tugas masing-masing serta memiliki hak aksess yang berbeda2 sesuai persetujuan Administrator
  2. Pengelolaan data master mulai dari Data Provinsi, Data Kabupaten Kota, Data Unit Kerja disetiap Kabupaten/Kota, Data User / Pengguna serta data kelompok user/level
  3. Data Klasifikasi Arsip berdasarkan Permendagri no 78 Tahun 2012
  4. Pengelolaan Arsip Surat Masuk beserta dokumen pendukung serta lampiran
  5. Pengelolaan Arsip Surat Keluar beserta dokumen pendukung serta lampiran
  6. Pengelolaan Arsip Lainnya yang tidak termasiuk surat keluar maupun surat masuk
  7. Laporan-laporan yang sesuai dengan kebutuhan pengarsipan dan lainnya

Sistem informasi arsip statis daerah ini dapat mencetak secara otomatis kartu pengendali setiap arsip. berikut contoh kartu pengendali surat masuk dan surat keluar.

 

Untuk mencoba Sistem Informasi Arsip ini dapat mengunjungi alamat

http://simarsip.mataramsoftware-id.com/

user: 212
password: 212

Berikut Screenshoot dari aplikasi sistem informasi arsip statis daerah: