Konfigurasi Dasar Mikrotik

konfigurasi dsar mikrotik

Konfigurasi dasar mikrotik yang akan dijelaskan pada kesempatan kali ini adalah tentang konfigurasi dasar mikrotik RouterOS yang terinstall pada Virtual Machine (VirtualBox). Konfigurasi dasar ini harus dipahami oleh para biginer yang sedang belajar mikrotik. Terdapat 6 tahapan atau langkah-langkah dasar yang harus dikonfigurasi sehingga mikrotik dapat difungsikan sebagai router dengan fungsi dasar. Adapun tahapan tersebut mulai dari (1) Mengecek dan merubah nama interface sesuai fungsi dan kegunaannya, (2) Konfigurasi IP Address masing-masing interface sesuai skema jaringan, (3) konfigurasi DNS, (4) Konfigurasi Gateway / Routes, (5) Konfigurasi Dasar firewall NAT dan (6) Konfigurasi DHCP Server.

Sebelum melakukan konfigurasi, akan lebih baik jika merancang terlebih dahulu sekema dan penggunaan IP Address setiap interface. Adapun skema yang akan kita gunakan dalam penjelasan konfigurasi dasar mikrotik kali ini adalah seperti terlihat pada gambar berikut:

Skema Jaringan konfigurasi dasar mikrotik

Selain mempersiapkan skema, persiapkan juga mikrotik yang sudah terinstall di virtual machine (Virtual Box), cara install mikrotik di Virtual Machine Virtual Box dapat di baca pada modul sebelumnya tentang cara install mikrotik di virtual box. serta persiapkan juga tool yang akan kita gunakan untuk konfigurasi dalam hal ini adalah WinBox silahkan download di (https://download2.mikrotik.com/routeros/winbox/3.11/winbox.exe).

Lebih detail silahkan download di