Cara Install MikroTik RouterOS di VirtualBox

cara install mikrotik virtualbox

Pada pembahasan sebelumnya tentang Memahami Arti Kode Seri Mikrotik RouterBoard telah dibahas mengenai produk-produk mikrotik serta arti seri kode mikrotik routerboard. Pada MikroTik RouterOS terdapat versi x86 yang dapat diinstal pada komputer personal atau komputer desktop. Ukuran MikroTik RouterOS yang kecil tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang mewah untuk dapat dijalankan di komputer PC. Namun hal ini akan menjadi kendala saat harus install Mikrotik RouterOS di komputer Lab pada saat parktikum. Hal mustahil setiap kali praktik harus melakukan installasi MikroTik RouterOS pada komputer LAB karena secara otomatis akan memformat HardDisk yang berakibat Sistem Operasi dan aplikasi yang ada pada komputer tersebut akan hilang. Padahal sesi berikutnya atau jam praktikum berikutnya harus dipakai kelas lain untuk praktik. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan sebuah mesin virtual (Virtual Machine) yang dapat berjalan diatas sistem operasi seperti Windows sehingga Sistem Operasi dan Aplikasi pada komputer Lab tersebut tidak terganggu atau tidak hilang saat melakukan installasi MikroTik RouterOS. Dalam hal ini Aplikasi Virtual Machine yang bisa kita gunakan salah satunya adalah VirtualBox. Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara install MikroTik RouterOS di VirtualBox (cara install mikrotik pada komputer virtual).

Cara install MikroTik RouterOS di VirtualBox sangatlah mudah, sama seperti kita install dikomputer biasa. Yang harus dipersiapkan sebelum melakukan insttallasi adalah:

  1. Aplikasi VirtualBox yang sudah terinstall di komputer, download disini https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads
  2. File ISO/Image MikroTik RouterOS, silahkan download disini https://download2.mikrotik.com/routeros/6.38.5/mikrotik-6.38.5.iso

Setelah kedua file diatas didownload, langkah berikutnya yang harus dilakukan pada modul cara install mikrotik routeros di virtualbox ini adalah melakukan installasi aplikasi VirtualBox. Cara install virtualBox sangatlah mudah, tinggal klik dua kali aplikasi yang sudah didownload tadi kemudian klik Next>> sampai proses inatallasi berhasil. Setelah proses installasi virtual box berhasil, langkah berikutnya adalah buka virtual box kemudain buat virtual machine (komputer virtual) baru.

Lebih jelas tentang cara install MikrotikRouterOS di VirtualBox silahkan download file persentasi berikut

 

Leave a Reply

twenty − two =